SoentingMelajoe opinion about Crazy Batak

October 5, 2008 at 11:06 pm (Uncategorized) (, , , , , )

Saya tidak bermaksud menghasut atau mengompori keributan etnis. Tapi kalimat yang menjadi judul tulisan ini adalah nasehat paten yang selalu didengungkan beberapa teman dekat dan keluarga ketika mereka mengetahui saya akan tinggal di Medan. Terakhir kali saya mendengarnya adalah malam ini ketika saya menelepon sahabat saya di Jakarta. Saya akan memutus sambungan tapi dia buru-buru memotong kalimat saya hanya untuk mengatakan, “Eh, Ken, elo jangan pacaran sama cowok Batak ya?”

Saya jadi heran, “Ada apa dengan laki-laki Batak?” Apakah mereka sebegitu “berbahaya” bagi seorang perempuan Jakarta keturunan Jawa seperti saya? Atau sebaliknya, menurut mereka, saya lah yang berbahaya bagi cowok batak? )

Pada suatu hari saya sempatkan bertanya ke seorang teman perempuan di kantor mengenai “mitos” tadi. Ia sendiri seorang keturunan Batak yang lahir dan besar di luar Sumatera Utara. Dia sudah tinggal selama empat tahun di Medan dan cukup memahami budaya di Sumut. Dia menerangkan bahwa laki-laki Batak terkenal dengan sifat “buaya darat”. Maksud teman saya, laki-laki Batak identik dengan suka main perempuan. Saya terheran, “Oh ya?” dengan mimik terkejut tak terkendali (hiperbola deh).

Aha, saya baru tahu sedikit penjelasan mengenai mitos itu. Rasanya saya belum pernah belajar tentang hal itu dan memang tidak ada dalam buku pelajaran. Tapi apa benar? Saya pun bertanya ke seorang teman yang mengaku berdarah Batak dan Pak Pak. Menurutnya, kalau sudah “buaya” ya “buaya” tidak ada hubungan dengan etnis seseorang. Ya, saya setuju! Selama ini laki-laki yang selingkuh dan berpoligami tidak hanya lelaki Batak kok. Tapi kenapa mitos itu masih begitu kuat?

Kekhawatiran keluarga dengan kepindahan saya di Medan ada dua. Pertama, mereka takut saya tidak betah di Medan dan akhirnya kembali hanya dalam beberapa bulan. Kedua, mereka takut saya berpacaran bahkan berhubungan serius dengan laki-laki Batak. Saya dapat kiriman kartu Lebaran dari seorang teman laki-laki yang bermarga Batak saja, ibu sudah pasang wajah curiga. Saya terpaksa menenangkannya, “Kalau cowok Jogja aja nggak ada yang nyangkut sama Niken, mana ada cowok Batak yang bisa?” Berhasil, hehehe. Padahal logikanya nggak jelas.

Laki-laki Batak di keluarga saya seperti mendapat status persona non grata alias kehadirannya tidak disukai dan tidak diharapkan. Makanya tidak heran kalau saya jarang mengabarkan ke orang tua mengenai teman laki-laki yang sering menolong saya. Berbeda sekali dengan ketika saya di Jogja. Ya, daripada mereka ketakutan setengah mati dan saya diinterogasi jarak jauh?

Beberapa teman saya pun memberi peringatan yang sama. Sekitar dua minggu yang lalu saya sempat chatting dengan seorang teman.
“Eh, Ken, elu udah punya teman di Medan?”
“Ada, temannya teman. Rumit deh. Dia cowok sini, alumni USU.”
“Eh, ini Mba X pesan, elu jangan kecantol sama cowok Batak! Jangan-jangan elu udah jadian lagi sama cowok itu.”
“Hah? Baru juga ketemu dua kali udah dituduh pacaran? Enggak kok. Memangnya kenapa sama cowok batak?”
Ah, sialnya koneksi terputus jadi saya tidak mendapat penjelasan tuntas.

Cowok yang suka tebar pesona tidak hanya ada di etnis Batak, saya yakin itu. Dengan ini, saya mohon pada teman-teman agar tidak “mengintimidasi” saya dengan kalimat hasutan agar tidak pacaran atau jatuh cinta dengan cowok batak. Doakan saja saya dapat jodoh yang terbaik. Lama-lama saya jadi parno alias takut, bagaimana kalau jodoh saya memang cowok Batak? Tantangannya lebih besar dibanding kalau orang itu berasal dari etnis Jawa. Memang saya suka dengan tantangan tapi saya tidak membayangkan akan berhadapan dengan tantangan macam ini. Belum ada keluarga besar orang tua saya yang menikah dengan orang batak.

Dan untuk menenangkan massa, saya nyatakan bahwa sampai saat ini saya belum berpacaran dengan cowok batak. Puas??

Medan, 28 Juni 2008

Responses

didalam sekumpulan orang baik pasti ada orang jahat, begitupun sebaliknya didalam sekumpulan orang jahat pasti ada orang baik….
cerita orang batak ini mengingatkan penyataan teman saya,.. ” di dunia ini cuma ada 2 golongan yaitu orang baik dan orang bataK” hahaha…
kalo merujuk kalimat diatas jadi kalimatnya “didalam sekumpulan orang baik pasti ada orang batak, begitupun sebaliknya didalam sekumpulan orang batak pasti ada orang baik” hehehe
hei Niken… kalo masih pacaran mah ama siapaun jadi, jangan diskriminasi atuh. kecuali kalo udah mau nikah….hehhehe

salam

darisman

alo mbak, cowok batak tuh sebenernya baik en bertanggung jawab mbak. Trus jantan, maksudku opo ya mbak wani ngono lho mbak. Tapi memang ga semua mbak, tapi akeh pokoke (weleh2 mbela yo).

Trus ojo khawatir mbak, cari wae cowok batang seng baik uakeh tenan he he he.

saya sdh berlayar hampir kemana mana, walaupun belum dari ujung ke ujung,namanya orang sudah di ranah dewasa,cari jodoh ga perlu bingung kan ada tuhan maha pengasih lagi maha penyayang
just tell him everything,then he’ll show you the best

Keep’n smile to everyone,especialy to batak’s man who knows one of them is the best for you,ok!

Orang batak itu dari luar kelihatannya galak tp di dalam hatinya baik. jgn percaya mulut orang percayalah akan diri sendiri.

kalo mslh buaya darat,w g setuju bgt.mungkin cuma sebagian doang yg seperti itu.klo wataknya keras emng bener.
tp sebenarnya dy penuh perhatian dan sayang ma pasangannya.
contohnya cowok w…hehehehe

setau gw cowok batak cuma kasar permukaannya, hatinya tetep rinto abies..
lagian kalo mau jadi bajingan mah ga harus batak kaleee…
btw, kalo lo ga mau buat gw aja tuh cowok batak..)))

Pacran dgn org batak tu nyenengin ko,wlopun saya org asli jawa tulen (msh kturunan ningrat) ..qta kan bisa bertukar adat gt ‘n sa tmbah pgalaman dgn adat batak..
Tapi katanya orang batak tu ngomong na keras ? Iya memang keras sprti kaya orang marah2 gt,memang iya tpi hati na engk seperti itu ko,mreka baik hati..tpi ya ngk smua sii ) jdi jgn berpersepsi semua org batak keras2..

alow mbak kamu ngak caya ya cow batak itu baik
klo kamu ngak caya coba aja jalani hubungan dengan saya pasti saya servis sesempurna mungkin key aku tunggu no telp kamu di email saya key

Wele,,kyk cwo batak ny mau ma u ajh..
wkwkwk..
eswete,, rasis tu ga keren cc..
haha^^

BATAK adalah Yahudi!

Setuju banget “Jangan Pacaran Sama Cowok Batak”

Aku setuju banget. cowok batak biasanya lembut saat merayu, mengejar, begitu romantis dan segala upaya selalu dicoba untuk mendapatkan kita. Tapi setelah mereka dapat semua kita dicampakan begitu saja, mereka seperti melihat sampah terhadap kita, aku sudah 4 kali pacaran dengan cowok batak tapi tak ada satupun yang jadi bener. Tadinya aku tidak percaya atas apa yang dikatakan oleh ibuku ta[i ternyata semua menjadi kenyataan sete;ah aku alami sendiri.
Seribu alasan mereka lontarkan dari mulai yang dijodohkan dengan keluarga, harus tugas keluar kota, sibuk pekerjaan tapi semua itu hanya alasan untuk meninggalkan kita.

Waduh…..!
Sebenarnya aku tidak mau mengungkapkan hal ini kepada public tapi setelah membaca blog ini hatiku jadi berani untuk menulis. Aku pernah mejalin hubungan dengan seorang polisi batak beliau orang yang berpangkat dan pernah menjabat posisi KAPOLRES dibeberapa kota besar. Beliau ini orangnya amat romantis dan lembut tapi itu semua hanya terjadi diawal-awal setelah hubungan berlagsung lebih dari setahun dan beliau sudah mendapatkan semua yang dia mau aku dianggap seperti cewek murahan yang tidak ada harganya, aku dibilang pelacur, aku di teriakin cewek kampungan dan tidak jarang tamparan mendarat di pipiku. Aku tidak bisa berkutik karena beliau adalah Polisi yang sebenarnya pelindung kaum yang lemah seperti kita ini. AKu berusaha meninggalkan beliau namun saat dia membutuhkan aku dia sering mengancam akan mengadukan hubungan kami dengan keluargaku karena kami selama ini backstreet. Wahai kalian kaum wanita hendaknya kalian berpikir seribu kali untuk menjalin dengan lelaki batak. mereka pemain watak yang ulung seperti casanova namun sebenarnya mereka adalah orang yang tak kenal belas kasihan dan tidak punya tatakrama seperti kita di jawa ini. Aku inisialkan kekasih gelapku ini
KOMBES E.T.L. T. semoga dosa-dosa beliau diampuni.

Gile….. jadi senyum sendiri baca tulisan di atas.

Tapi kan bukan Nikn kalo gak bisa jaga diri…Ciao…

Hahahaa..
Jangan pukul rata smua orang gtu donk.

Stuju tuh ama yang atas..
*rasis tu ga keren*

hihii^^

Mbak2…. gak smua yang kmu dengar tu benar!!!
cowok2 batak gak sebejat yang kmu kira n bayangin. Klo masalah “buaya darat”, smua laki2 dari berbagai suku juga ada tuh!!! Tergantung orangnya ajah. Malah, cowok2 batak itu slalu konsekuen dalam hidup apalagi mengenai ‘Pernikahan’. Kamu2 bisa buktikan sendiri!!!!

Mnrut aqwh org batak tu baik..Ga smua org batak cprti itu…
Memang kbnyakan mrka djodohkan..
Tp disaat qta mnjalin hub dgn mrka..Qta hrus bsa jg dri aj.
Toh klo ampe qta ga jdoh ato ngga ama mreka..Qta g akn rugi

jd klo qta dtnggalkan oleh mreka..Qta cmn skit hati krn khilangan dia..Bkn skit hti krn khilangan kperawanan qta

tp mnurut qta..Trgantung orangx’n bgaimana qta mnyikapinya dgn baik.

3 Comments

  1. Niken Lestari said,

    This is copy of my blog and the writer has also add my picture here without any notice to my email. This is a short notice that I do not know this blog owner and that he/she copy my blog without my permission.

    Thank you
    Niken Lestari

  2. roysianipar said,

    Niken Lestari……….
    with ur honour we need to publish and promote all about Batak so if you start write about something you need to publish or spread it around.
    Im doing it for PUBLIC interest.so be happy.Thanks .not only get a copy of my work but for every one who ever write aboutBatak.it belong to my topic and its belong to public property especially batak.if you wrote about javanese Im not interested.BUT BATAK IS MY CONCERN

  3. loi said,

    haha, lo2 pade sok tau banget sie!! gw aja lahir n besar d kluarga batak jarang nemuin kasus cowo batak buaya-lah, cowo batak ini-lah, cowo batak itu-lah.. ga ush pke acra rasis deh.. klo qt mo dewasa, qt psti ga pke pukul rata..

    yg gw tau emng cowo batak awalnya keras but it doesn’t mean klo mrka kurang ajar.. untuk cewe2 yg prnh puny pengalaman ga enak pcran ma cowo batak, y ga ush jdi sensi dunk.. truz penilaiannya ga ush jdi subjektif, tetep objektif dunk!!

    smua manusia mah sama!! mo batak!! mo sunda!! mo jawa!! mo ambon!! mo betawi!! mo manado!! sama aja,, yg bner y bner,, yg ga bner y ga bner.. so,ga pke RASIS y!! tpi pke RASIO!! thnx,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: