BATAK JAUH BERBEDA DGN BALI.BALI TETAP BERTAHAN DGN TRADISI HINDU NYA TAPI BATAK TDK BISA SAMASEKALI BHS BATAK NYA.GOBLOK ATAU PINTAR?

Anak-anak tidak mengerti Bahasa Batak

KASIHAN SUKU BANGSA YG KALAH DGN ZAMAN MODERN.BALIhindu TETAP MEREKA PERTAHANKAN WALAUPUN ORG ASING TELANJANG DI TEPI PANTAI KUTAI.GODAAN MODERN SANGAT KUAT TAPI BATAK ADALAH MAHLUK YG LEMAH DGN PERUBAHAN ZAMAN.BUKTI YG BERBICARA.roysianipar

https://i1.wp.com/www.bataknews.com/wp-content/uploads/2007/11/p1020025.jpg
Bataknews.com, Batam. Bahkan bukan hanya anak-anak keturunan orang Batak yang sudah besar di rantau tidak tahu lagi bahasa Batak, orang dewasa pun berusaha menghilangkan logat Batak demi gengsi, malu dan sebagainya. Hal seperti ini bisa terjadi di daerah yang sudah maju, Jakarta misalnya.

Entah itu malu, gengsi atau tidak kren istilahnya yang pasti unsur kebudayan Batak lambat laun akan pudar. Ini adalah masalah serius bagi kita khususnya bagaimana mempertahankan kebudayaan Batak kepada generasi penerus kita.

Lihat saja, contoh kecil anak-anak Batak yang berdomisili di Batam sudah jarang sekali menggunakan komunikasi sesama suku Batak menggunakan bahasa Batak. Yang mengherankan lagi adalah justru mereka hanya tau kata-kata KASAR saja. Wah!! Sunggu menyedihkan bukan?! [bataknews.com]

 

Anda lihat apa reaksi manusia Batak tentang topic yg INI

Trackback link

itu tergantung dengar kesadaran orangtua Apakah mereka di ajarkan untuk bhs batak.
Kalau pun orang dewasa malu bhs batak dan logat nya itu pasti batak tanggung hihihi istilah nya malu jadi orang batak ini pada umum nya yang datang dari hitaan istilahnya menghilangkan jejak.
Tapi orang yang bangga jadi orang batak mau lahir dimana pun bhs batak itu tetap di pake .

Melita Sidabutar

Au dang hea maila ito , emang gue pikirin

[bataknew.com]:
Hehehe… dihutanami on ngengsi do daba…

iya sih bener…kebanyakan orng batak yg malu kalo identitas (halak batak) nya ketauan….tp ada jg yg bukannya malu kalo ketauan halak batak tp memang dirumah tidak diajarkan marhata batak (contohnya di kel saya). tp aku dengan kesadaran sendiri belajar bahasa batak dan tidak ada yg namanya rasa malu….:D krn “batak itu indah”, ya kan??? ;) Saya bangga jd orang batak..dan saya sekarang lagi belajar utk mendalami adat biar nanti kalo udah berkeluarga ngerti ikut2 acara adat…:) dan jangan malu untuk bertanya…. ok lah.. Inti dari semuanya adalah “KESADARAN”. itu yg harus kita tumbuhkan dan tingkatkan!! Hidup Batak!!…Horass…

toho doi nian alai boha ma bahenonta ? ni pasingot pe tong do di dok tu na pasingoton i ketinggalan zaman olo sipata idok tong kuper…..jadi ta paulak tu diri ta be ma …..molo mulai sian na gelleng tapasingot bah mungkin boe do pe ra ndanag mago kebudayaan tai.ima jo na boe hulehon saran saotik sian ahu.songon hata nia umpasa i ma hudok(Tinallik bulung sihupi pinarsaong bulung sihala unang sumolsol di pudi dada sipasingot naso ada).HORAS…..

Orang Batak malu berbahasa batak?????????
Kacian de lho.!!!!!!
Konon SBY President kita itu, menguasai banyak bahasa. Bagi saya orang Batak yang tidak bisa Bahasa Batak adalah orang paling tolol di dunia. Entah ketololannya dari orangtuanya atau dari dirinya sendiri. Kalau saya mengaku orang Batak maka tentunya My Mother Tongue adalah Batak jika tidak My Mother is not Batak. So, jika anda saya cap bukan paling tolol usahakanlah berbahasa Batak!.
Kita harus akui, lately, kita ditengah-tengah bangsa ini agak mirip dengan masa Israel dalam perbudakan di Mesir. Ada tendensi terhimpit oleh golongan mayoritas, sehingga mulai beradaptasi pura-pura bukan orang Batak. Bahkan sudah tidak jarang kita mendengar apakah tidak sebaiknya kita membentuk Republik Batak Raya???. Akhir-akhir ini saya juga dapat SMS yang memarjinalkan Batak….”tidak dimasukkannya Danau Toba sebagai Daerah Tujuan Wisata untuk Visit Samosir 2008, apa tindakan kita sebagai orang Batak???”
Menurut hemat saya kosa kata Bahasa batak jauh lebih lengkap dan lebih dalam dibandingkan dengan Bahasa Melayu/Indonesia!!!.
The manner shows his/her descent (Bahasa menunjukkan bangsa)!!. Hilangnya bahasa Batak berarti hilangnya sebuah peradaban. Apakah kita mau?. Bagi kita yang mungkin belum kehilangan common sensenya tidak akan membiarkan ini terjadi. Apa usaha kita, mungkin di kalangan terdidik orang Batak yang masih “Orang Batak” boleh memberikan sumabangsihnya untuk mengabadikan perdaban Batak ini. Kalau Jahudi sampai sekarang masih exist kenapa kita tidak!!!
Mungkin kalau boleh saran kepada kepada seluruh Ketua Marga Batak agar mencantumkan…”Tuat ma na dolok martungkothon siala gundi, tona ni ompunta na parjolo ingkon ihuthononton jala pature-tureon ni angka na dipudi” pada mukadimmah setiap AD/ART-nya.
Achievement seseorang menurut saya tidak ditentukan oleh logat bahasanya, tetapi terminologi yang digunakan dalam berbahsa atau berkomunikasi. No matter what English, French, Indonesia, Hebrew, Arab, dan sebagainya. Bahasa menjadi efektif sebagai alat komunikasi bila messagenya jelas dan dapat difahami oleh lwan kita berkomunikasi.
HKBP sebagai lembaga yang cukup besar cukup efektif mengabadikan Bahasa batak. Kalau mau berbasa batak saya sarankan agar boleh mengikuti Ibadah yang ber bahasa batak. Somalna do peamna!.
Long Live Batak langguage!

Bagi saya orang Batak yang tidak bisa Bahasa Batak adalah orang paling tolol di dunia. Entah ketololannya dari orangtuanya atau dari dirinya sendiri.

Wah, Terlalu Extreme do hubege kalimat muna on lae.

Entah ketololannya dari orangtuanya atau dari dirinya sendiri.

Molo nina rohakku nean Parbinotoan ni sasada halak dohot do dipengaruhi Lingkungan. Molo kebetulan tinggal jala magodang di lingkungan naso adong batakna Boha muse mai,?

So, jika anda saya cap bukan paling tolol usahakanlah berbahasa Batak!.

Hamu pe lae mambaen comment dang pakke bahasa batak, godang mesu do bahasa sileban naso huattusi hami, hape nean Komunitas ni halak batak do dison.

Jadi aha muse ma cap muna lae,,,,????

Wakakakakakakakkakakakakak,,,,,,,,,

Lae Siahaan,

Lalu kenapa tidak ajarkan kita yg tolol2 ini? Banyak yg ingin belajar, hanya tidak ada cara, dan gak ada waktu utk sekolah privat dengan orang. Bikinkanlah website utk ajarin kita belajar bahasa batak. Paling tidak mulai dengan kata se-hari2. Ide satu lagi, bikin websitenya semacam wikipedia, jadi nggak perlu sendirian buatnya. Semua orang bisa kontribusi. My mother tounge is English, and I’m a tolol batak – I don’t know batak. There are many like me living outside of Indonesia. Please help us!

Joseph

rondang br Siallagan

Molo di pikiri boi do pudar, ..Di huta nami pe ndang khea hubege marhata Batak…marhata Indonesia do…sude. Boa bahenon…nunga songoni situasi na. Ahu pe alana ndang khea marhata batak songonna lupa/ balek muse marpasir-pasir.

waduh..saya pengen banget bisa bahasa batak. tapi gimana lagi, ortu beda suku and kadang bingung gitu jadinya mesti belajar bahasa daerah yang mana. lagian saya lebih lama tinggal di luar sumut daripada di sumutnya. so ortu ga maksa belajar mother tongue-nya. dan bukannya ga ingin belajar mother tongue, hanya saja ga ada yang ngajarin. ortu juga ga sempat ngajarin. so bukan berarti yang ga bisa bahasa batak itu tolol kan. banyak faktor yang mempengaruhi.

terima kasih buat sharingnya.

rondang br Siallagan

Pareksrim hu hamu menilai Ricardo, ndang alani dang boi marhata Batak “Tolol” ….situasi lingkungan do mambaen ni…
Songon ahu nama kan…batak doa ahu, alai westren ama ku…nah…”tolol” do gelengku molo halakki dang boi marhata Batak…marhata Indonesia nga denggan ni molo halakki olo marsiajar. Na penting di ahu..gelleng kon menyintai kebudayaan oma na denggan ni…songon marnortor…contohna.
Beha ma molo omana Batak ..amana Batak alai dang boi marhata Indonesia dohot marhata Batak….”TOLOL” do halakki..?.

Hamu pe …mambaen tanggapon …hata Indonesia..alai di dongkkon ho…halak na danag boi marhata Batak ..tolol sedunia…Aha ma goar mu on..tolol ma hamu ate….
Jadi unang terlalu parekstrim hu menilai…sesuatu…

rondang br Siallagan

Muse “tolol’ do nami sebagai natua-tua na?. Godang jolma songon ahu…di portibion…
Unang terlalu menilai…keddan…

Horas,

Molo halak Batak on ma tanda na:
1. Porsea tu umpama na mandok risi-risi hata ni jolma lamot-lamot hata ni begu (Means egalitarian dan tidak memperhalus istilah).
2. Porsea tu umpama : tedak songon indahan di balanga (transparancy)
3. Porsea tu umpasa : si boru buas si boru bakkara molo dung puas sae so ada mara (Sportif, gentle).

So, kenapa tidak tolol (stupid/dumb)!. Belajar bahasa Batak itu tidak sulit karena Tata Bahasanya sangat sederhana dan teratur. Tidak sesulit main-main friendster atau klak-klik-mailing list.

Jika saya pakai Siahaan di belakang nama saya artina au keturunan ni Si Bagot Ni Pohan na maranakkon Somanimbil jala anak ni Somanimbil ima Somba Debata (Siahaan). Au ma pomparan pa 16 suddut sian Somba Debata. Lapattanna, molo barani au mammakke goar Siahaan ikkon do botoonku aha arti ni i . alana goar marga do i. Molo nidok marga adong do ruhut-ruhut disi.

Godang do nuaeng di hita halak Batak, adong goar marga di pudi ni goarna alai ndang diantusi lapatanna. Halak na so mangantusi lapatan di dok halak do i na oto (bahasa Indonesia tolol, English= Stupid/dumb) jadi ndang pola na ekstrim penilaian i.

Molo songoni tu hamu dongan halak Batak manang na merasa halak Batak, sahali nari hudok ndang halak Batak Hamu molo so diboto hamu Hata Batak na uli i. Ai ndang adong tanda na. Songon na nidok ni Bibel i tarida do imbo sian soarana, tarida do hau sian bulung dohot parbue na.

Mother tongue (bahasa ibu) artina angka natoras tarlumobi angka inanta na ginoaran halak Batak ima angka inanta soripada, na uli bulung jala nabasa na mangaramoti angka na porlu tu ianakkonna. Na olo mangajari gellengna asa malo jala marbisuk, jala na parjolo di ajarhon ima hata na suman asa boi ibana manghatai jala masiantusan dohot gellengna di s ganup ari dohot di pudian ni ari.

Suatu ketika saya pernah melihat seorang Bapa yang tua renta disapa oleh cucunya bukan dalam bahasa Batak, dan saya melihat mata sang Bapak berkaca-kaca merah dan trenyuh seolah menyesal, kenapa justru di akhir hidupnya dia merasa gagal!. Gagal mewariskan nilai-nilai luhur orang tua dan kakekmoyangnya!.

Tu ho ito boru Siallagan marsiajar ma itokku marhata Batak ai dihata i bo do muse botoonmu ruhut-ruhut, jala di ruhut-ruhut i godangdo angka parbue na denggan nang di pamikkirion manang di pangalaho (budi luhur).

Asa andor haluppang ma togu-togu ni lombu. Sai nang nang ma ho ito saur matua huhut pairing-iring pahompu na malo (Not stupid) jala nabisuk.

rondang br Siallagan

Maulaite Ito Ricardo…situasi namion dang khea hubege marhata Batak…Dang lucukan molo ahu marhata Batak dongan hata Indonesia..?
Alani i..hu lului website batak….asa taringot muse tu hatai….Maklum ma nunga paleleng ku di negara orang…jadi hata i mudar…

rondang br Siallagan

Muse ngaleleng dang dipergunahon hata i…..”situasi na mambaen….”

rondang br Siallagan

Molo hujaha sahali nai tanggapon muna on…songona muruk…alana godang pendapot tarsongon memojokkan mu. Songon pendapat hu …….mandokkon hamu tolol…
Molo hamu dang olo di jou tolol..unang ma nian manilai jolma tolol.
Nion ma pendapot hu terakhir…Ndang setuju ahu tu pendapot mu”halak na dang boi marhata batak tolol sedunia”
Godang jolma tarsongoni..molo songonni hamu ma na umboto hata batak sedunia.

Mauliate.

rondang br Siallagan

Tamhan saotik,

Dang se pendapot ahu, pendapotmu “Entah ketololannya dari orang tuanya atau dari dirinya sendiri”
Unang apala muruk hamu..da, pendapot mu..dang mengkritik alai “menghina” jolma.

Botima

holan na marbada torus halak hita on )

Horas!

Au tubu di huta… Alai magodang di Jakarta… Memang Takkas jala Tikkos do hata na di dok ni Apparaku Rikardo… Mauliate do au tu Natorashu, angka dongan ngabenna sappe sonari boi dope au marhata batak… boasa boi songoni i?… on ma tips sian ahu:

1. Las roha gabe halak hita (Bangga)
2. Bolokkon hailaan lao marsiajar
3. Di pasomal marhata batak di Jabu dohot angka Keluarga
4. Marminggu di HKBP, alai na marhata batak
5. Marmeam tu Lapo
6. Marende Batak
7. Pajonok torus tu halak na paradat

– Siahaan No 16 sian Raja Itano (Pahoppuni Tuan Somanimbil (Anak ni Si Bagot ni Pohan))

Horas! Maringkat tujolo, Maringkat tu pudi… LOJAAA DEHHH…

Horas Bung Rikardo,

Ini ruang publik bung……….bukan lagi di lapo tuak, ngomong sembari mabuk2, bahasa kasar tanpa etika. Walaupun mungkin itikad anda adalah baik.

Budaya punya banyak segi. Pokoknya segala sesuatu ekspresi dan karya dari sebuah komunitas untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan persoalan yang dihadapi komunitas itu. Salah satunya tentunya adalah bahasa.

Sebuah budaya akan dengan sendirinya mati bila tidak dibutuhkan lagi oleh komunitasnya. Pertanyaannya seharusnya menjadi begini.

Apakah bahasa batak masih dibutuhkan/diperlukan saat ini ??
Apa alasannya kita butuh bahasa batak, sementara banyak orang berlomba2 belajar bahasa inggris dan mandarin ???

Janganlah kita berlebihan ataupun emosional tentang bahasa batak ini. Memang kondisi bahasa batak masuk fase gawat. Di sekola minggu di gereja HKBP saja bahasa ini tidak diajarkan. Padahal anak-anak sebenarnya paling mudah dan strategis untuk diajari berbahasa abtak disitu.

Keterlibatan maupun kecintaan seseorang terhadap budayanya tergantung seberapa besar dia dapat memperoleh berbagai manfaat darinya. Bukan hanya disebabkan karena dia berdarah batak………atau diomong-omongi tiap hari oleh orangtuanya” Cintailah budaya batak “, maka anak itu akan cinta. Cinta toh tak bisa dipaksakan !

Hemat saya, budaya batak saat ini sudah ‘tertinggal’ jauh dengan perubahan kebutuhan dan persoalan yang dihadapi komunitas batak saat ini. Tampaknya keberhasilan kita sampai saat ini baru sebatas telah menjamurnya organisasi punguan pomparan, gedung2 gereja HKBP, HKI, GKPS, GBKP, GPI,…. yaitu sebatas kebutuhan untuk silaturahmi seremonial ataupun ibadah minggu.

HOLONG sebagai falsafah budaya batak terhenti di acara2 adat, tidak nyata dikehidupan sehari-hari.

Bagaimana jawab budaya batak terhadap berbagai kebutuhan dan persoalan hidup lainnya ??. Terutama sebagai masyarakat yang telah berubah dari agraris-homogen-tradisional menjadi masyarakat URBAN-HETEROGEN-MODERN ?

Contoh Di bona pasogit, tanah pekuburan tidak dibeli. Lain bila di kota, kita harus beli dan tiap tahun jangan sampai lupa bayar pajaknya. Bagi orang Batak miskin ini bisa jadi masalah serius. Kenapa ya sampai saat ini belum ada oraganisasi /lembaga sosial yang dibentuk oleh komunitas batak untuk mengurus soal-soal seperti ini.

Juga, biaya sekolah semakin lama semakin mahal. Tahun 80′an mahasiswa yang kuliah di ITB dan universitas negri banyak dari keluarga menengah bawah (miskin). Sekarang mahasiswa ITB kebanyakan gunakan mobil berangkat kuliah !!

Juga seharusnya ” Jangan sampai ada anak batak putus sikola karena biaya ” adalah tantangan budaya batak saat ini. Termasuk lapangan kerja bagi generasi muda yang semakin terbatas.

Budaya itu bukan hanya bahasa, bukan juga hanya acara2 adat seperti yang kita masih lakukan saat ini. Budaya jauh lebih luas dan dalam.

Budaya adalah berbagai kesepakatan dari sebuah komunitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu memecahkan persoalan hidupnya saat ini dan ke depan……bukan yang di belakang !

Yang paling penting, beranilah kita membangun budaya dan tradisi dengan sikap dan prinsip-prinsip modern. Karena memang kita telah hidup di jaman dan situasi yang jauh berbeda……termasuk seperti saat ini kita bisa berkomunikasi melalui internet.

Ada cara paling mudah agar kita mampu membangun budaya kita, budaya yang kelak akan membawa kita kepada kemajuan dan kesejahteraan. Yaitu MENIRU !!

Contoh saja bangsa Yahudi dengan Sinagoganya. Sinagoga bagi orang Yahudi bukan hanya dibatasi sebagai tempat ibadah semata. Sinagoga adalah sumber kemajuan peradaban bangsa Yahudi!!

Orang Batak (bagi yang Kristen) punya HKBP dll, dan juga punya Punguan-Punguan berbagai Pomparan dengan Tarombo dan Dalihan Natolunya……ini sebuah modal sosial yang sangat besar untuk membuat sebuah GERAKAN PEMBAHARUAN KEBUDAYAAN BATAK.

Sebuah GERAKAN BUDAYA yang bisa membawa kita keluar dari ‘perangkap’ masa lalu dan kebanggaan semu. Sementara persoalan kehidupan yang sebenarnya tidak pernah terselesaikan…semakin bertumpuk-tumpuk dan bahkan semakin lama dirasa semakin berat.

Bagi generasi muda ataupun yang berjiwa muda………dobrak dan dorong terus pembaharuan………saran ke bung Admin untuk buat fasilitas berbentuk forum untuk menampung, membahas dan berdebat berbagai ide2 menyangkut pembaharuan budaya batak untuk masa depan.

Muliate

luna hutabarat

gue sih..doyan-doyan azza pake bahasa batak..
cuma emang jarang azza memakainya..
bukannya gak mencintai tapi kadang kita harus bisa menempatkan diri where ever we go…^^

Freddy Sidabutar

Wah.. menurut saya jawaban SABAR TAMBUNAN adalah jawaban orang BATAK.!! Saya belaja banyak dari saudara Tambunan..Horas di Hamu.!!

Menurut saya lagi , Salah.!! Kalo anda-anda menilai jelek orang bermarga tapi tak bisa berbahasa batak.

Justru kadang orang berbahasa batak, tak layak untuk hidup di dunia ini.!

Tau kenapa??

Saya mau cerita demi pemahaman Kepentingan BAHASA BATAK..:

Saya suka manor tor, sehari-hari mendengar bahasa yang digunakan Mama dan Bapak, saya juga senang dengan menghormati saudara-saudara saya dan memahami kata mama,”Itu namborumu.!”, “Itu tulangmu”,”Itu laemu”, etc…

Hingga pada suatu ketika semua itu berubah…

Dimulai dari pemahaman, bahwa banyak saudara dekat yang JELEK menurut saya..!

Saya sempet mau mengubur identitas saya sebagai keturunan Sidabutar gara-gara pengetahuan bersosialisasi ala batak dengan frame dominan Saudara-saudara dekat saya.

Budaya batak yang saya tangkap di Jakarta ini otomatis diserap dari sosialisasi kekerabatan batak itu sendiri. Memang tidak semuanya jelek, tetapi pengaruh negatif yang pelik masih saya rasakan sampai sekarang.

Saya malah pernah dendam untuk mengubur hidup-hidup saudara-saudara yang pernah menyakiti keluarga saya. Diwaktu kami susah.. Mereka justru mengecam kami. Di waktu kami butuh sesuap nasi.. mereka malah menghakimi kami.. DAN MEREKA INI ADALAH ORANG-ORANG BERMARGA DAN PINTAR BERBAHASA BATAK.!! Ngenes banget kan??

Hal-hal itu membutakan mata saya untuk belajar banyak tentang Batak.. karena apa?? Karena relevansi dan eksistensi Batak BUKAN DINILAI DARI BAHASA!!! YANG KALIAN RIBUTKAN DISINI !! sebenarnya saya pengen bilang “tolol”.. tapi takut di bilang salah satu Batak yang tolol menggunakan kata “tolol”. ha.ha.ha….

Belum lagi saya mau add messenger saudara dekat saya sendiri satu marga bahkan dari darah opung saya sendiri.!! di GOBATAK ini.. malah di bilang.” Kami tidak terima batak nama saja.!”..ha.ha.ha…saya berpikir sejenak.. jadi Batak sebenarnya yang bagaimana sih,.?? sungguh Saudara saya hebat-hebat..ha.ha..

BATAK dinilai dari sikap dan perilaku.!! Bukan bahasa!!

Banyak anak yang pintar bahasa batak menyakiti ibu kandungnya sendiri.!

Banyak anak yang pintar bahasa batak kasar dan suka melawan orang tua.

Bahkan saya tau ada anak yang pintar bahasa batak rebutan warisan orangtuanya sampai tidak ngomong satu dengan yang lain..!! Yang benar aja..!!

Saudara Ricardo Siahaan menulis:
Suatu ketika saya pernah melihat seorang Bapa yang tua renta disapa oleh cucunya bukan dalam bahasa Batak, dan saya melihat mata sang Bapak berkaca-kaca merah dan trenyuh seolah menyesal, kenapa justru di akhir hidupnya dia merasa gagal!. Gagal mewariskan nilai-nilai luhur orang tua dan kakekmoyangnya!.
Bagaimana jika kejadiannya begini:
Suatu ketika saya pernah melihat seorang Bapa yang tua renta disapa oleh cucunya.”BABA MI !!” >>>>>>bahasa batak yang mewariskan nilai-nilai luhur orang tua dan kakekmoyangnya kah???
Mohon maaf saya tidak sopan.. karena saya takut kalau orang batak yang pintar berbahasa batak membodohi generasi-generasi muda, tentang bagaimana mengajarkan Budaya Batak..Bawa-bawa bible lagi…ck.ck.ck.. jangan lah bawa-bawa bible kalo kamu sendiri belum sanggup membawanya..

Untuk apa hapal tetek bengek keturunan Marga.! Kalau kamu sendiri tidak bisa berbuat baik seperti tetek bengek keturunanmu perbuat! Hah.! Memang kau bawa mati!! Kalau kau salah ya di hukum… kalau kau benar pasti dimuliakan

Saya pernah dibilang.” Kamu benar-benar orang batak.!! Karena orang batak terkenal Solider satu dengan yang lain.” Dan apakah saya HARUS bilang.” BUKAN..!! Saya bukan orang batak, karena saya tidak bisa bahasa batak.!!” Think about that.!!

Tapi sekarang.. saya sadar bahwa di dalam darah saya ini mengalir darah Sidabutar.. dan saya merasa perlu untuk mempelajari Filsafat dan semangat Batak yang sungguh baik..

justru adik saya pintar berbahasa Batak, karena dia kuliah di Medan. Saya berharap banyak dari dia untuk belajar BAHASA BATAK..!! he.he…

Dan belajar dari orang tua saya bagaimana BERSIKAP dan BERPERILAKU BATAK.!! Pasti.!

Sekarang saya beranggapan Batak itu sebenarnya indah.! Dan akan musnah oleh orang batak yang mungkin justru pintar berbahasa batak..!!!

Marbadai ma hamu. Ai ido batak. ha ha ha.
Molo mangalehon Komentar sipata luas wawasan ta. Asa gabe mangantusi nadeba, unang gabe muruk hape denggando maksud ta. muliate..

hardi siagian

horas ma jolo di hita sasudena,,,,,
margakku siagian, omak boru hutapea, molo umur pe no poso do au sonnari nungga masuk to 20 tahon ipe tanggal 1 maret na lewat, ,, au nungga leleng dang mulak tu huta alai molo adat ae hera2 boi do,,, sahat to saonnari….. songong non lae adong saotik na aneng hu sampeon tu hamuna …… dang ni ala maggurui au,, bahasa inggris boasa hita pelajari, bahasa jepang, bahasa cina, atek adong muse na lain…… godang do halak hita na hatop mamboto bahasa penjajah on … ae boasa boi songoni,, alani aha tahe lae.. molo au mandokkon alani adong na si bacca on to aka naposo…..
halakki mambaen pedoman sian bukku ( songon kamus berbahasa inggris tek na kamus na asing ). maksudku songonon do lae….. molo olo do hita sasude na kompak kan….. hita baen ma jolo kamus ( kamus berbahasa batak) godang annon jolma na mampelajari budaya ta ( bahasa batak ) … molo holan mambaen kamus do hurasa daong pola borat asal ma hita kompak…..( merdeka ) alani godang do natua tua tak boi lancar mar bahasa batk…..

molo adong tanggapan muna balas ma tu e-mail hu
nyon ma no Hp ku….. (0761) 7620 696

(moto orang batak)
{hita sa sudena ikkon mate do….. alai
batak unang sampai matek dang boi matek}

horas ja la gabe…………..
……………………………………………………. from siagian Pekanbaru

Sibondut Labang

Horas ma di hita saluhut,

@hardi siagian, poso dope langkam bere alai pingkiranmu hebat do daba. Sai saut ma lomo ni roham. Molo adong tingkimu boi do jaha on mu Kamus bhs Batak. Sabotul na nahulului ima Siala Gundi. Alana sai adong do goar ni huta di luat Sipirok an, sarupa dht goar ni huta di Toba.

Ala na hu klick do sialagundi las huida ma disi Kamus bhs.Batak.Tung mansai uli do daba hata batak i. ba didia ma adong hata:hasian, inang nauli lagu, nauli basa. Ipe Siagian nga boi langkam si boan Dame dht las ni roha tu tonga-2 ni Halak hita! Horas jala gabe!

jondi hutabarat

sibondut labang ahado artini hataon lae? mauliate

Marusaha Panjaitan

Molo au mambereng, hita ikkon malo memposisikan diritta ima nalaho melestarihon bahasattai, molo di accara tertentu boi ma hita mangihutton keadaan na odong, alai molo sesama hita ba tausahahon ma mar bahasa batak. tung massai las do roha molo dung tarbarita bangsottai’ ima Bangso Batak.

Horas ma di hita saluhutna..

Sibondut Labang

Horas ma di hita saluhut,
@hutabarat,horas ma ht.barat ai par Rura Silindung do langkam?
Molo lapatan ni Sibondut Labang ima Penelan Paku. Ima daba angka goar ni hita Batak i. Adong mai na Sitimba Laut, dht na-asing-2. Tung mansai uli do Hata Batak i. Alai tungmansai mura/momo do Halak hita i di ririt Portibion. Molo angka na Silom nga di rimpu halahi be nga hira adat ni Arab natoho. Molo angka Karisten, ba nga dirimpu halahi nga Jahudi halahi. Ai so na Horas be didok.Molo Silom:Salammu- alaikum ninna.Molo nadeba Karisten:Shalom alaheum(Shalom) ninna.Umbulus ma lao au tu toru ni Hareara i , hupasada rohangku mangkatai dht Ompunta Simula Jadi Nabolon i.

Godang tabe,lalu ma tona ninna par-Angkola.

Davis Sidabutar

Sahat2 ni solu sahat2 ma sahalakmu

Djahutur Marbun

Sudedo akka pandapotmui toho.. alai unang sampe adong namerasa tarsinggung alani sabas ni perasaan muna mambahen pandapot ate. Marsiamin aminan hamu ate. Ito boru Siallagan tohodo, boha marbahasa batak torus molo tinggal di Beijing apalagi molo dang dipakke bahasa sian nametmet. Lupa lupa ingot nama i. Alai lumayan do bahasa batak na huida.

Mungkin aku dr antara kalian smua orng batak yg plng katro yah,memang sih benar aku orng batak,mama dan papaku lancar marhata batak(karo dan toba),tapi aku ga lancar,bisa dibilang bahasa batakku berpasir pasir,tapi aku sangat BANGGA SEKALI menjadi orang batak,walaupun aku dilahirkan di jawa,tapi aku tetap menomorsatukan adatku.
Kalo orng2 batak yang malu mengakui adat nya sendiri adalah kalo menurutku orng batak plng `dungu` dan bodoh seperti keledai,knp hrs malu coba,kalo aku nilai orng batak memang keras seperti batu,tapi kalau kita tahu isi hatinya putih sperti salju lembut selembut sutra,jadi orng batak yg rendah yg ga mau mengakui di depan orng identitas sbg orng BATAK.
HORAS JALAGABE….

Horos Jumolo Dihita sude.
Memang gabe riburdo sihataan on ate. Alai ima habatahon i. Ai didok apara si Rikardo pe songoni huhilala alani kesalna do molo songon ido Itotta boru halak hita mar_ pola pikir taringot tu hauason marhata Batak. Jala namanggorahon tolol i halak Batak do i. Tu nasida Lae Sabar Tambunan molo boi nian asa pulik tabaen diado aek diado miak, asa gabe botoon ujung ni pakkataioni. Nian sudedo hita manuju tu hadengganon , ipe dibagasan “proses”na ta pareahi ma akka na denggani. Mauliate

Tuakka dongan nahea trauma marsaor dohot angka pamili / tondong halakhita sotung pintor pinda suku hamu. Asi roha. Alana hal serupa juga terjadi di suku lain. Jadi dang bahasa batak na si surang. Tondong tai do si surang naporlu ajaron marhite pengorbanannta. Jala hamupe sude, sotung marahata batak hamu tuhalak Papua,halak bali, halak palistina dohot lan na asingi,nasohea marhata/mambege hata batak. Sotung di tullang hamu sian pudi. Mauliate

Novi Manullang

Horas!!
memang sedih sekali kalau kita tahu bahwa bahasa batak sudah gak populer lagi di kalangan remaja atau pemuda. Bahasa batak sepertinya sudah kalah populer bagi mereka bila dibanding dengan pengaruh bahasa asing yang masuk ke Indonesia, contohnya bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dll. seakan-akan jika kita gak bisa salah satu bahasa Asing tersebut, kita seperti orang paling Norak. karna itu saya sedang mengadakan penelitian kecil mengenai penggunaan bahasa batak di kalangan remaja dan pemuda. dari 50 remaja dan pemuda (sedikit memang), bersuku batak, yang diambil datanya, sebagian besar jarang sekali menggunakan bahasa batak sekalipun dirumah yang notabennya orangtua mereka asli dari Sumatera Utara. apa sih yang menyebabkan hal tersebut? banyak faktor pastinya. karena itu aku butuh komentar teman-teman seperjuangan untuk memberi masukan dalam rangka pelestarian bahasa batak sekaligus membantu pengerjaan penelitian kecilku ini. ditunggu saran, komentar, atau data2 yang bisa mendukung komentarnya ya… terimakasih untuk bantuanya..

Maaf saya bukan orang batak, namun menemukan situs ini saat mencoba2 mencari pelajaran bahasa batak

kalau boleh berpendapat, rasanya memaksa anak muda agar bisa berbahasa daerahnya memang malah akan menyebabkan “kebencian” dan “penyesalan” pada mereka.

Lebih mudah dan akan menyenangkan apabila dibuat suatu kondisi atau cara yang membuat berbahasa daerah itu terasa “indah”, bahwa itu adalah “seni”, mungkin dengan begitu mereka mau sedikit2 belajar, dari kata2 yang biasa dipakai…

semoga bahasa batak tidak punah…namun merupakan kebanggaan bagi penggunanya..

maaf sekali lagi.

Ulang sanga bahasa bangso Batak on gabe masuk tu bagasan “bahasa na punah” songon na dikalauarkon ni PBB

Menurut saya tak adil rasanya jika orang batak yang tak bisa berbahasa batak dikatakan TOLOL.karena bukan berarti dia tak bisa berbahasa batak.saya sendiri merasa nyaman2 saja.malah saya menganggap orang yg masih ngotot (merpergunakan bahasa batak dalam pergaulan luar apalagi ada suku lain.)itu adalah orang yg tak mau membuka diri dengan kebudayaan lain termasuk beradaptasi dengan sekitar.buat saya bahasa batak itu penting juga apalagi dlm komunitas suku batak,tapi apa iya kita harus gabung dengan komunitas ini melulu?kapan kita bisa maju?khususnya orang batak.juga saya sangat tidak setuju dengan kumpulan yg ada dilapo tuak itu.malah merusak citra kita sebagai org batak karena aksi para peminum.
Saya bangga sebagai orang batak.dan saya tidak pernah menutupi jati diri saya walaupun banyak diantara kita orang batak yg MALU mengakui jati dirinya.
tapi saya tetap tidak setuju dengan tanggapan itu
Jadi songoni ma jolo hatakki
Mauliate godang ma dihamu akka komentator

Botul do abang ngi…
tai bia ma baenonta madung songoni jamanna…
Tai au sgt mandukung sama2 hita lestarihon kembali bodaya tai terutama bahasa leluhur tai….
Batak adalah batak dan tak pernah menjadi suku lain….
Hita harus bangga di lahirkon di tano batak

Mr. White Boot

Saya merespon opini yang diungkapkan oleh Sdr. Sabar Tambunan. Sesungguhnya Anda agak naif. Adat Batak hendak “diadaptasikan” dengan nilai-nilai jaman kini. yang tidak lagi relevan hendaknya dieleminir dari praktek keseharian dinamika hidup masyarakat Batak. Jadi saudara menjadikan kondisi jaman sebagai acuan atau rambu rambunya.
Kondisi jaman ini dari hari ke hari, hingga tahun ke tahun akan cenderung lebih dan menjadi lebih menghargai nilai-nilai ekonomis waktu, efisiensi keuangan, efektifitas dan nilai guna aktivitas (asas manfaat). Sudah tentu adat Batak dalam prakteknya, secara esensial cenderung tidak sejalan dengan nilai-nilai jaman kini dan bahkan jaman mendatangpun. Karena dari tahun ketahun dan dari dasawarsa kedasawarsa sumber daya mineral di bumi semakin berkurang dan ekosistem di bumipun cenderung terjadi perubahan yang mengarah pada pengurangan kualitas ekosistem. Sehingga nilai-nilai efisiensi, ekonomis dan efektivitas menjadi parameter yang menjadi acuan tindakan individu dan masyarakat. Konsekuensi logisnya, banyak dari implementasi adat batak yang harus dihilangkan.
Poinnya, untuk apa diadaptasikan kalau itu bertentangan dengan nilai-nilai jaman, kalau yang Sdr jadikan acuan nilai-nilai jaman. Aktualisasi adat dan nilai Batak tidak relevan, kalau acuannya nilai-nilai jaman. Karena cenderung kontradiktif.
Saya hendak bertanya, mana yang saudara prioritaskan bagi anak Sdr, mempelajari bahasa global (inggris, mandarin, jepang, arab, dll) atau bahasa batak. Tentu Sdr akan cenderung menginginkan anak Sdr lebih dulu memfokuskan dirinya mempelajari/menguasai bahasa global dari pada bahasa batak. (Ini tentu karena pertimbangan nilai guna atau asas manfaat yang diperoleh dari penguasaan bahasa yang dipelajari).
Untuk apa GERAKAN PEMBAHARUAN KEBUDAYAAN BATAK? Acuannya bukan nilai-nilai jaman, tetapi ……. Karena Sdr mengambil ilustrasi gereja (HKBP, HKI, dll) dan itu menjadi bagian dari kehidupan komunitas Batak. Maka hemat saya acuannya Alkitab atau Injil itulah. Poinnya, nilai-nilai dalam Alkitab (firman Tuhan) itulah acuannya. Semua yang bertentangan dengan nilai-nilai tersebut dibuang, jangan diimplementasikan dalam kehidupan. Jangan diadaptasikan atau dibaharui (diaktualisasikan), hilangkan, ditiadakan. Kebudayaan batak, dengan segala kekayaan adat dan nilai-nilainya sangat perlu dan wajib dilestarikan, diaktualisasikan dan diimplementasikan bila selaras dengan nilai-nilai Alkitab. Baik oleh manusia dan komunitas Batak rantau atau Batak di Bonapasogit atau keturunan orang Batak (Batak campuran) bahkan mereka yang simpati/”mengagumi” nilai-nilai, adat dan kebudayaan batak.
Nilai-nilai dalam suatu masa/jaman itu dapat berubah dari waktu kewaktu, dan itu berbahaya jika dijadikan acuan. Karena bisa saja nilai-nilai yang dianut pada masa itu, mengingkari hakekat penciptaan manusia, eksistensinya bersama ciptaan lain dibumi dan ke Ilahian pencipta manusia. Jadi poinnya kalau segala hal yang menghargai eksistensi manusia, dan ciptaan lainnya dan menempatkan ke Ilahian Allah sang pencipta pada proporsinya pikirkanlah itu, karena itu asalnya bukan dari manusia. Maka, hati-hati untuk mengeleminir atau meniadakannya.

Sattabi bah !

ai akka aha do di hatai hamu poang ……. so niattusan ….

tabe !

Dame ma dihita sasude,
Hamu angka dongan, on dope habuto puang na adong bataknews on, tabodo ate mang-hatai2 hamu nasaleleng on.
Alai unang pola didok hamu ahu kuper ate, unang gabe maila iba.
Songoni do hajolmaon on, ndang adong pandapot na dossss sasude. Sai ingkon adong do na mar-beda2, jala ido hagabean i. Ta papos rohatta jala ta ajari angka ianakkonta mangantusi paradaton (dalam arti luas) ni batak. Somalna ditingki dakdanak iba, ndang pola lao roha mangantusi sisongoni. Alai godang do deba daba dung magodang laos gabe malo do marhata batak jala malo muse maronang-onang dohot marhata adat.
Pandapothu porlu adong kamus lengkap bahasa batak asa adong pedoman ni angka keturunan ni batak naparpudi bissan godang dope natua-tua songon panukkunan di angka ruhut-ruhut ni hata batak, falsafah batak, adat batak, aksara batak dohot angka lan na asing dope.
Horas ma dihita sasude didia pe hita maringanan be.

Freddy Sidabutar

Wuah.. emang ribet kalo orang batak udah bercuap. Ga ada habisnya..hoaha.ha.ha..

horas lae
botul do hama, akka jolma na pansobil (Pantang so bilak) na penting asal ma makkuling, ndang pola porlu adong do na tarsinggung manang na so daong,
molo barani do iba mandok tolol, dungu dohot oroanna tu halak na asing ba tontu do antong ikkon mangarade do iba manjolo hata tolol manang dungu i sian nasida.
sahali nai selamat marporang

Marolop Nainggolan

Horas di hita saluhutna.
Adong naeng dohononhu tu hita saluhutna angka halak Batak. Lumobi taringot tu na pahothon hata Batak., Boasa ndang taajari angka anakhontai marhata Batak? Boasa angka bangso Cina hot nasida di hata nasida? Boasa Jawa, Sunda, Betawi, hot nasida di hata nasida? Hape hita, hira na hurang do hita manghaholongi hata Batak tai. Hape di tano parserahan, isara di Jakarta, molo tabege sasahalak marhata Batak, tung mansai las do rohanta. Alani, Amang, Inang, taharingkothon ma mangajari anakhontai asa boi marhata Batak. Ai ido sada tadin-tading ni ompunta na mansai arga. Mauliate.

au dang maila gabe bangso batak, unang lupaon hamu angka halak batak bahwa hita naeng satu keturunan. mauliate.

Dublin GULa-TOMat(gultom)

hahhhaa,,,,! mengkel ma mana iba… manjaha akka komentar i, songon do tanda na halak hita, Godang si Gogo Soara, alai i do mambaen ciri khas dabah,,,, alai anggo roha na i “IAS” do,

horas tu sudena!
horas tu lae Ricardo namambahen “topik” on gabe tabo (menarik), anggo dang topik on dang menarik lae, saotik gabe contravercy

bah molo sian au, songonon do pendapat hu,,, asi do rohakku ma mereng akka halak hita na so boi mar hata batak dohot alasan na marmassam-massam, apalagi molo natorasna halak hita alai anak kon na dang boi marhata batak,,, molo hubereng disi, peran NATORAS do di son NAhurANG, Na so mangajari anakkonna marhata batak, manang na dang mampataridahon hata batak i tu annakkon na,..molo NATORAS Ta makkatai bahasa batak dijabuta secara tidak lsg akka anakkon nape boi do memahami bahasa i,,,
molo dijabu pe dang hea tarbege hata batak, bagaimana bisa si anak bisa ngerti bahasa batak, jadi semua itu berpulang ke Niat “ORANG TUa” khususnya na adong di pangarattoan:
sada contoh: akka Bere ku na tinggal di jakarta mar-umur 8, 10 12, tahun sude nai nga boi mangatussi(paham) bahasa batak, boasa boi songoni? alana Natua- tuana marhata Batak di Jabu…
sada contoh yg sangat jauh muse” di australia ada sy kenal orang Mianmar yang punya anak, meskipun mereka udah puluhan tahun tinggal di Melbourne tapi Anaknya BISA berbahas myianmar, pdhal anak nya hanya mendengar dan bljar di Rumah saja…. jadi Peran Orang tua sangat penting untuk mengenal dan mengetahui MOther tongue itu…

jadi intina disi: mengetahui bahasa batak, adalah sangat penting sebagai salah satu jati diri Orang batak. dgn Peran Orang tua yang sangat dominan dalam mengadaptasikannya pada si ANAK.

To lae tambunan hurasa komentar muna bagus lae dan kelihatn berpendidikan tapi SANGAT tidak stuju lae dan sangat disayangkan klu lae bilang bhs batak itu “Ketinggalan” malah menurut saya makin Maju khususnya di Indo coba lae lihat contoh kecil”pengacara2 top skrg lae, sengaja ato tidak, mereka berbicara dengan LOGat batak yg kata lae ketinggalan itu, (yg pastinya mereka bisa berbahsa batak lohh) jadi ga ketinggalan juga kan lae:

tu akka dongan: dang markacca hita tu kacca na maputtar…! bereng hamu attong tu halak hita NA hasea i,.., naburju.

songoni ma jo ate! HORAS

sian au par melbourne (BTLH = batak tembak langsung HIAN) +
PHH (parhuta2 hian)

Horas saluhutna di hita!!
Ai bolo menurut au godang akka anakkontai naso mamboto hata batak alani,dihita sebagai orang tua manang akka namagodang hurang mangalehon perhatian tu akka ianakkontai.mauliate godang.HORAS,HORAS!!!!

saya mau mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggal opung kami Laurencius Lobuan Siagian di umur 62 tahu semoga keluarga semua diberi kekuatan selalu. Tuhan memberkati kita semua Amin.

saya mau belajar bahasa batak ajarin dong..i love batak

Horas…

On ma sada paringotan tu hita akka naposo. Molo nunga adong gellengta sogot, ba hita ajarhon ma tu nasida hamoraon na tajalo sian akka na parjolo. Marhata batak dohot marparange na toman jala porman, songon na niajarhon ni akka oppu i.

Salah satu cara (sada dalan?) laho mangajarhon hata batak tu akka anakkonta, tarlumobi hita halak Kristen, ima menganjurkan (mangarahon?) nasida manjaha Bibel, alana molo hurang pangantusion ni dakdanakta tu hata batak i, boi attong nasida mambahen perbandingan tu Alkitab. Asa gabe sada kamus (pustaha?) do i laho marguru hata batak dohot marguru lomo ni roha ni Tuhan i.

Tetapi saya sendiri menyadari – saya mengalami kesulitan dalam mengemukakan gagasan dengan bahasa batak, mungkin karena kosa kata bahasa batak saya kurang, atau memang bahasa batak masih kurang kaya untuk mengakomodasi istilah-istilah bahasa lain yang semakin berkembang.

Songon i ma jolo, horas hita sude.
Semoga bahasa kita tetap eksis sepanjang masa.

boasa pola maila????????
godang do halak batak naung sukses…jd dang pola maila hita marbahasa batak…….
ingot hamu i da!!!!!!

unang sanga gabe mago bahasa ni bangso ta,ima bahasa batak.
unang pola gabe gengsi(istilah nuaeng)
ingot ma tontong bahasa batak i.
jala unang lupa mangajari angka dakdanak na marbahasa batak>>>>>!!!!!

2 Comments

  1. juni_pesta br allagan said,

    bada ho..
    asa adong tontonon…

  2. JUAL LEBIH DARI 2000PRODUK RESELLER DROPSHIP WWW.SUFIJAYA.COM said,

    postingan yang menarik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: