SMALL HAOUSE OF God in Batak Land SOS.NEED HELP from Russian.Isrealy,communist whoever can give hands please


Bahagia Orang Tekun

September 11th, 2008

Almanak Kamis 11 September 2008:

Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun. (Yakobus 5:11a)

Kesabaran dan ketekunan adalah sebuah sikap yang muncul dari hati yang dalam dan melalui proses yang panjang. Sebab itu manusia tidak bisa dipaksa untuk sabar dan tekun. Juga tidak bisa tiba-tiba saja atau dalam sekejap menjadi sabar atau tekun. Dan satu lagi: kita sangat sulit berpura-pura sabar atau tekun.

Rasul Paulus mengatakan “ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus.” (Roma 5:11). Rasul Petrus katakan: “tambahkanlah kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan.” (2 Petrus 2:5-6). Sementara penulis Ibrani menasihatkan: “marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.” (Ibrani 12:1).

Orang-orang sabar dan tekun bukan saja berbahagia di akhir Read the rest of this entry »

Pandanglah Gereja2 HKBP di Samosir!

September 10th, 2008

Selama retret di Samosir saya menyempatkan diri memotret gereja-gereja HKBP di jantung Tanah Batak ini. Saya pikir saya tidak usah berkomentar banyak. Bangunan-bangunan itu sendiri telah berbicara jujur kepada kita semua, kepada warga gereja kelahiran Samosir, kepada pimpinan HKBP dan kepada semua orang berkehendak baik.

Pdt Daniel Taruli Asi Harahap

gereja-hkbp-limbong.JPGgereja-hkbp-sagala-distrik-samosir.JPGgereja-hkbp-lontung-samosir.JPGgereja-hkbp-tolping-samosir.JPG

gereja-hkbp-garoga-ambarita-samosir.JPGgereja-hkbp-parbaba-samosir.JPG

gereja-hkbp-hutaginjang-tomok-samosir.JPGgereja-hkbp-buhit-samosir.JPGgereja-hkbp-simanindo.JPG

Foto-foto lain menyusul

Alasan Malas & Lamban?

September 10th, 2008

Almanak Rabu 10 September 2008:

Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar. (Amsal 19:15)

Kerajinan dan kecekatan tak otomatis membuat seseorang kaya. Dalam sebuah masyarakat yang struktur dan sistem politik-ekonominya tidak adil maka yang miskin akan semakin miskin saja, betapa pun rajinnya dia. Sebaliknya yang kaya semakin kaya, betapa pun malasnya dia. Lihatlah hidup para petani dan nelayan kecil apalagi yang tidak memiliki alat produksi, sepanjang hari bekerja keras namun nyaris tidak mendapat apa-apa. Namun itu jangan ditafsirkan sebagai pembenaran sikap malas, putus asa dan mati rasa. Dalam sebuah sistem yang paling tidak adil sekali pun yang rajin dan cekatan akan tetap lebih beruntung daripada yang malas dan lamban. Read the rest of this entry »

Retret Samosir

September 9th, 2008

Berdua dengan Pdt Pangondian Gultom, adik kelas saya di STT, yang kini menjadi pendeta resort Pangururan, kami melewati jembatan Tano Ponggol (tanah yang dipenggal Belanda untuk menjadikan Samosir sebuah pulau yang terpisah dari Sumatera) dan berbelok ke kanan. Jalan berbatu mendaki. Jantung saya rasanya mau lepas – saya benar-benar takut jatuh dari motor atau malah bersama motornya terjun bebas ke jurang – namun pemandangan luar biasa indah memukau. Di kiri bebukitan cadas tandus yang merupakan kaki Pusuk Buhit, gunung legenda Batak itu. Di kanan Danau Toba membentang biru dengan bingkai marygold dan sanggar. Ondi, demikian saya tetap memangginya sejak dulu, terus memacu motor bebek itu ke puncak. Saya semakin kecut saja. Namun rasa takjub kepada alam membuat saya tak ingin berhenti mengabadikan pemandangan yang belum pernah saya saksikan seumur hidup itu. Terima kasih Tuhan atas keheningan ini.

danau-toba-samosir.JPG

limbong-sagala-samosir-2.JPGrumah-di-atas-bukit.JPGrumah-dan-parabola.JPG

limbong-sagala-samosir-3.JPGhkbp-sagala-samosir.JPGtulas-samosir.JPG

kampung-batak-samosir.JPGharian-boho-samosir.JPGpusuk-buhit-samosir.JPG

(foto-foto lain menyusul)

Tetaplah Semangat

September 9th, 2008

Almanak 09 Selasa September 2008:

Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan! (Roma 12:11)

Ada banyak hal yang bisa membuat semangat dan kerajinan kita mundur mengerjakan sesuatu. Pertama-tama mungkin karena apa yang dikerjakan itu telah menjadi berulang, rutin dan biasa sehingga tidak lagi menantang dan menarik serta membangkitkan gairah. Mungkin juga karena apa yang kita kerjakan itu tidak atau belum memberikan hasil apa-apa. Boleh jadi karena kita telah letih atau pesimistik. Atau memang karena kita tidak mampu fokus dan melakukan sesuatu dengan disiplin dan teratur.

Ayat hari ini mengajak kita agar tetap rajin melakukan segala pekerjaan baik dan pelayanan kepada Tuhan. Antusiasme, gairah, semangat dan tekad melakukan sesuatu yang kita anggap baik dan benar, apalagi pelayanan kepada Tuhan, haruslah senantiasa dipelihara. Dalam hidup ini diperlukan bukan hanya gairah sesaat atau mood, tetapi juga stamina atau daya tahan.

Tuhan Allah memberikan kita Roh Kudus agar Read the rest of this entry »

Si Pemalas = Si Perusak

September 8th, 2008

Almanak Senin 08 September 2008

Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak (Amsal 18:9)

Kemalasan bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dalam hal apa saja. Jika anak-anak bisa malas bangun pagi, mandi membersihkan diri serta membuat PR maka orang dewasa bisa saja malas berdoa, membaca Alkitab dan beribadah bersama. Kita bisa saja sangat malas mengecek kondisi mobil, kesehatan diri, membayar rekening-2 bulanan, memeriksa kemajuan anak, atau menabung. Kita bisa juga malas mengunjungi orangtua atau saudara, memberi kabar saat di perjalanan, memenuhi undangan pesta, atau membuat perencanaan keuangan. Bahkan kita bisa juga malas mengatakan kebenaran dan berbuat kebajikan. Baiklah kita sadar apa yang dikatakan sang pengamsal: kemalasan itu merusak. Si pemalas adalah saudara si perusak.

Dengan mudah kita membuktikan kebenaran amsal di atas (hati-hati sebab dengan mudah juga kita melupakannya). Read the rest of this entry »

MPS: Tukang Stempel atau Anting-anting?

September 7th, 2008

Oleh: Pdt Daniel Taruli Asi Harahap

Saya baru tahu, ternyata anggota MPS tidak dilantik namun diperkenalkan saja di ujung Sinode Godang yang saya taksir tinggal dihadiri oleh kurang dari 300 peserta. (Padahal Guru Sekolah Minggu dan segala bentuk kepengurusan di jemaat menurut Aturan harus dilantik di kebaktian Minggu.) Apa alasannya jangan tanya saya. Namun saya makin yakin saja bahwa MPS ini memang sengaja tak sengaja dibuat kurang penting. Dahulu dikata-katai banyak orang “tukang stempel” mungkin periode sekarang akan disebut “tukang obat”. Ah, terserahlah kata saya dalam hati. Dilantik tak dilantik saya akan tetap bekerja. Jika memang kelak menjadi anggota MPS hanya membuang-buang waktu saja alias tak ada guna sama sekali maka saya tak akan ragu sedikit pun mundur.

Tapi nantilah. Saya masih percaya Read the rest of this entry »

Sinode Usai Tanggungjawab Belum

September 7th, 2008

gereja-hkbp-pearaja.JPG

Sinode telah berakhir. Hangat dan damai. Minggu pagi 7 September ini Eforus, Sekretaris Jenderal, dan para Kepala Departemen serta para Praeses akan dilantik di gereja kayu HKBP Pearaja. Pelantikan eforus akan dipimpin oleh pendeta tertua HKBP Pdt Syarif Nababan yang tepat pada hari Minggu 7 September ini berulang tahun ke-65 sekaligus pensiun dari kependetaan.. Sebagian besar peserta Sinode telah pulang ke jemaat-jemaat. Mungkin ada yang melaporkan apa yang telah dilakukan atau dikatakannya di Sinode kepada jemaat dan resort yang mengutusnya, namun mungkin sebagian besar tidak dan kembali terjebak dalam rutinitas pelayanan. Bagaimana dengan saya? Hati saya bahagia dan lega. Banyak harapan belum terwujudkan namun saya tidak punya alasan kecewa. “Terima kasih Tuhan, Engkau baik dan adil. Engkau masih mencintai HKBP dan itulah kekuatan kami melangkah ke masa depan”. Namun enam hari rapat dari pagi sampai malam tanpa istirahat, saya benar-benar butuh memulihkan raga dan jiwa. Dan sekaligus me-reinstall pemikiran. Saya ingin beberapa hari retret di Samosir. Bolehkan?

Horas HKBP!

Pdt Daniel Taruli Asi Harahap

Para Praeses Baru HKBP

September 7th, 2008

Terima kasih kepada Panitia Pemilihan yang benar-benar memiliki stamina tinggi. Melalui penghitungan hasil suara yang memakan waktu lebih dari enam jam akhirnya Sinode Godang HKBP menetapkan 26 (dua puluh enam) praeses baru HKBP, yaitu:

1. Pdt David Farel Siboea
2. Pdt Ezron Tampubolon (sebelumnya Praeses Toba)
3. Pdt Mori Sihombing
4. Pdt DR Lukman Panjaitan
5. Pdt Debora Purada Sinaga (Perempuan pertama Praeses di HKBP)
6. Read the rest of this entry »

Kesinambungan dan Pembaharuan dari Sipoholon

September 6th, 2008

Sinode Godang HKBP telah memilih eforus dan sekretaris jenderal, yaitu Pdt DR Bonar Napitupulu dan Pdt Ramlan Hutahaean. Kemarin Sinode telah memilih 3(tiga) orang kepala departemen. Yaitu: Pdt DR Jamilin Sirait (Kepala Departemen Koinonia), Pdt DR Binsar Nainggolan (Kepala Departemen Marturia) dan Pdt Nelson Siregar (Kepala Departemen Diakonia). Komposisi kelima pimpinan ini benar-benar mencerminkan semangat kesinambungan dan pembaharuan yang dicita-citakan oleh warga HKBP. Kita menaruh harap lima pimpinan ini dapat mempersembahkan yan terbaik bagi Tuhan dan HKBP. Secara khusus mengantar gereja ini memasuki Jubileum 150 Tahun di tahun 2011 yang akan datang.

Melihat para pimpinan yang terpilih kemarin, penilaian pribadi saya telah terjadi keseimbangan baru di HKBP. Itu jelas modal besar HKBP untuk melangkah ke masa depan. Saya mengaku “prakiraan cuaca” eh perkiraan hasil sidang yang saya buat dalam posting sebelumnya rupanya salah. Sinode mengalami dinamika yang tidak terduga sebelumnya: Pdt Jamilin Sirait menjadi Ketua Departemen Koinonia, Pdt DR Binsar Nainggolan menjadi Ketua Departemen Marturia dan Pdt Nelson Siregar tetap dipertahankan oleh Sinode sebagai Ketua Departemen Diakonia. Bisa dibayangkan bagaimana hangatnya rapat-rapat Pimpinan HKBP di masa depan.

Namun aneka spektrum para pimpinan HKBP ini, sebagaimana dilansir oleh Mula, bisa juga menjadi sumber ketegangan dan masalah baru. Disinilah kita benar-benar mengharapkan bahwa pimpinan baru sungguh-sungguh komit mengalahkan kepentingan pribadi dan kelompok, menyatukan visi dan misi, serta membangun tim yang solid. Dan kita berharap bahwa pimpinan baru segera mewujudkan perbaikan sistem yang sangat nyaring diwacanakan termasuk tuntutan transparansi keuangan. Menurut saya terpilihnya kepemimpinan baru ini tidak boleh menyurutkan tekad kita menjadikan transparansi dan akuntabilitas sebagai prinsip dan sikap ber-HKBP.

Hari ini Sinode Godang akan memilih 26 Praeses dari 52 Calon Praeses yang diajukan Eforus terpilih. Eforus terpilih sendiri memilih 52 orang calon praeses itu dari sekitar 100-an nama yang diajukan oleh distrik-distrik.  Jam saya menunjukkan pukul 08.11. Cuaca mendung. Namun semoga cahaya pembaharuan, kesinambungan dan pendamaian. Semoga Tuhan berkenan.

Nikmati Hasil Usahamu

September 6th, 2008

Almanak 06 September 2008:

Seorang petani yang bekerja keras haruslah haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya (2 Tim 2:6)

Tuhan Allah memanggil kita bekerja keras dan berusaha sekuat-kuatnya melakukan apa yang baik. Banyak hal dalam hidup ini membutuhkan kerja keras dan perjuangan dan tidak datang dengan sendirinya. Bahkan membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk mendapatkannya. Dan tidak selalu berhasil.

Namun hari ini kita dipanggil untuk merayakan perjuangan dan kerja keras kita. Petani dipersilahkan menikmati apa yang sudah ditanam dan dirawatnya dengan berlelah-lelah. Nelayan wajar menikmati tangkapannya. Saudara dan saya boleh bersenang-senang dari apa yang telah kita tekuni sekian lama.

Masalahnya sebagian orang hanya ingin bersenang-senang tapi tidak mau bekerja. Namun ada juga orang yang terus-menerus bekerja namun lupa gembira. Tuhan memanggil kita agar hidup tenang dan menyeimbangkan kerja dan istirahat. Bahkan kita juga dapat menjadikan kerja sebagai kesenangan, menikmati proses dan bukan hanya hasil, dan berbahagia atas kesempatan yang diberikan kepada kita menanam dan mengusahakan yang baik.

Doa:

Ya Tuhan kami ingin merayakan hidup pemberianMu. Terima kasih atas kesempatan kami bekerja dan berusaha. Berkatilah berbagai kerja dan usaha kami yang baik agar berbuah banyak untuk kesejahteraan kami dan kemuliaan namaMu. Dalam nama Kristus. AMIN.

Pdt Daniel Taruli Asi Harahap

Jadwal Sinode Hari Ini

September 5th, 2008

Hari ini Sinode dijadwalkan memilih Kepala Departemen Koinonia, Kepala Departemen Marturia dan Kepala Departemen Diakonia HKBP. Saya tidak ingat siapa saja yang dicalonkan Distrik-distrik. Namun untuk Koinonia ada beberapa calon yaitu Pdt BM Siagian, Pdt Welman Tampubolon, Pdt David Siboea, Pdt Armada Sitorus dan Pdt JS Sirait (dan saya ramalkan eh perkirakan  yang menang adalah Pdt BM Siagian).  Untuk Marturia ada beberapa calon, yaitu Pdt Binsar Nainggolan, Pdt JAU Doloksaribu dan Pdt Jalongos Manullang serta Pdt SMP Hutasoit (dan saya perkirakan yang menang adalah Pdt Jalongos Manullang). Sementara untuk calon Diakonia ada beberapa calon yaitu Pdt Nelson Siregar, Pdt Plasthon Simanjuntak, Pdt Ezron Tampubolon (dan yang saya perkirakan yang menang adalah Pdt  Plasthon Simanjuntak).  -)

Saran saya kepada para pembaca. Kalau mau mengomentari posting ini jangan puja-puji atau sebaliknya mencaci-maki figur. Lebih baik tuliskan saja menurut Saudara apakah tugas Koinonia, Diakonia dan Marturia empat tahun ke depan? Apakah kekuatan dan kelemahan HKBP melaksanakan tugas tersebut? Syarat-syarat apakah yang harus terpenuhi untuk dapat melaksanakannya? Satu lagi: bagaimanakah tugas Koinonia, Marturia dan Diakonia dikaitkan dengan Jubileum 150 tahun dan Pemilu 2009?

Sinyal koneksi internet di Sipoholon lemah sekali. Mungkin saya baru bisa menggapprove komen nanti malam. Jika ada kesempatan sore hari. Horas.


4 Comments

  1. SMALL HOUSE OF GOD IN BATAK LAND in”SOS” NEED URGENT HELP.RUSSIA,ISRAELY,GERMANY,UNITED STATE please give them hands « my radical judgement by roysianipar said,

    […] READ MORE […]

  2. saur p s said,

    hita akka naposo ni huria rap mahita membangun NHKBP limbong. alana naposoi do bunga2 ni huria i

  3. saur p s said,

    hita akka naposo ni huria rap mahita pahembangkon NHKBP limbong. alana naposoi do bunga2 ni huria i, syolom, salamsejahtera

    • roysianipar said,

      em ma tutu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: